SUGIARTO, alamat : Gonalan, Ceporan, Gantiwarno, Klaten, No. Telp 081390501780

Senin, 23 Desember 2013

Alasan Pehobi Memilih Burung Lovebird

Ada beberapa karakter dasar yang membuat lovebird menjadi burung yang banyak dicari oleh pehobi. Adapun beberapa karakter tersebut, antara lain:
1. Mudah beradaptasi
Burung asli Afrika ini sangat cocok dibudidayakan di Indonesia mengingat iklim daerah asal dengan di Indonesia tidak jauh berbeda. Lovebird mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru, burung ini juga dikenal sebagai burung yang tangguh dan mudah menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan. Karakter lovebird yang mudah beradaptasi cocok untuk para pehobi burung karena saat berpindah kepemilikan, kondisi burung tidak mudah drop.
2. Kicauan keras dan petarung
Bisa dikatakan bahwa lovebird adalah burung yang kecil-kecil cabe rawit. Hal ini dikarenakan lengkingan kicau lovebird sangat keras. Selain itu burung dengan ukuran kecil ini dikenal sebagai burung petarung. Jika seekor ovebird mendengar suara burung lovebird lain atau melihat burung sejenis, semangat tempur lovebird langsung berkoar.
3. Mudah birahi
Lovebird dikenal burung yang cepat naik birahi, ada beberapa penyebab yang dapat memacu naiknya birahi antara lain variasi pakan, penjemuran, melihat lovebird pasangan.
4. Mudah jinak
Lovebird banyak disukai banyak pehobi karena mudah dijinakkan. Karakter lovebird yang suka berkelompok dan suka berinteraksi dengan manusia menyebabkan burung ini mudah jinak. Selain itu burung cepat jinak juga disebabkan oleh kemampuannya untuk beradaptasi yang tinggi.
5. Tidak mudah stres
Para pehobi burung tentunya tidak suka terhadap burung yang rentan stres ketika berpindah tangan dari penjual. Burung yang rentan stres akan mudah sekali sakit dan mati. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku bagi lovebird. Lovebird adalah tipe burung yang tak mudah stres. Jika pun stres, biasanya disebabkan pemeliharaan yang sembarangan, misalnya seperti memelihara tidak secara berpasangan. Karena karakter tahan stres, burung ini cocok ditangkarkan dalam rangka perbanyakan bibit.
6. Menyenangi lingkungan yang bersih dan sejuk
Burung ini menyukai lingkungan yang bersih. Kondisi lingkungan yang bersih dan sejuk akan menunjang keindahan bulu lovebird. Kondisi lingkungan yang menunjang seoerti ini dapat menyebabkan ovebird tidak rentan terhadap penyakit.
7. Burung koloni dan berkelompok
Berkelompok adalah sifat dasar yang dimiliki oleh burung ini. Oleh karena itu, sebaiknya lovebird tidak dipelihara sendirian atau individual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar